Friday, May 23, 2014

Tes Bakat Minat untuk Mengetahui Kemampuan Unik Anak


Pada dasarnya setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda, ada yang pandai di bidang bahasa, tapi kurang baik dalam bidang matematika. Ada pula yang mampu di bidang musik dan kesenian, tetapi kurang mampu dalam bidang teknik. Kemampuan yang berbeda-beda ini kurang mampu dijelaskan oleh konsep IQ. Karena bisa saja individu memiliki IQ yang sama (misal 100) tetapi individu yang satu ternyata lebih mampu dalam hal ilmu pasti (kimia, fisika, matematika). Sedangkan individu yang lain mampu dalam pelajaran ilmu sosial (sejarah, IPS). Hal inilah yang kemudian mengembangkan konsep bakat.

Pengertian bakat
Bakat merupakan kualitas yang dimiliki individu menunjukkan perbedaan tingkatan individu yang satu dengan yang lain dalam suatu bidang tertentu. Bakat juga merupakan kemampuan individu untuk mengembangkan kecakapan-kecakapan tertentu melalui latihan-latihan. Misalnya ada individu yang berbakat di bidang musik, seni bahasa dan matematika. Lebih jauh Lamkke (1979) menjelaskan bahwa bakat adalah kemampuan menonjjol atauu unggul dari individu yang menjadikan individu tersebut memiliki prestasi menonjol sesuai dengan bakat yang dimilikinya. Bakat dapat dilihat dengan indikatornya berupa prestasi yang nampak dari berbagai bidang seperti musik, ketangkasan fisik, sastra, dan teknologi.

Klein (1984) menjabarkan konsep bakat sebagai kemampuan potensial seseorang yang dapat berkembang menjadi kenyataan, Bennet (1981) mengemukakan bakat adalah kondisi atau rangkaian karakteristik yang dipandang sebagai gejala kemampuan yang bersifat khusus (special abillity atau special capacity) dari individu untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan atau serangkaian respon melalui latihan-latihan.

Dari uraian beberapa ahli diatas dapat disimpulkan bahwa bakat merupakan kemampuan-kemampuan khusus individu yang merupakan potensi dan dapat berubah menjadi prestasi melalui latihan-latihan yang dilakukannya. Individu dianggap berbakat dalam suatu bidang karena prestasiya yang menonjol, merupakan hasil interaksi dari faktor bawaan dan belajar.

Dalam bidang industri, bakat seseorang perlu diketahui untuk menentukan apakah ia tepat menduduki jabatan tertentu. Perusahaan atau lembaga akan meminta bantuan Psikolog dalam menseleksi ataupun menempatkan karyawannya. Perusahaan akan memberikan persyaratan yang dituntut oleh suatu pekerjaan, dan Psikolog bertugas untuk mencocokkan bakat yang dimiliki seseorang dengan persyaratan pekerjaan tersebut. Baik dalam bidang pendidikan maupun dalam bidang industri. Psikolog melakukan prediksi terhadap kemungkinan sukses atau gagal individu dalam bidang tertentu di masa yang akan datang dengan melihat bakat yang dimilikinya.

Selain melakukan prediksi, kadang bakat  perlu diketahui berkaitan dengan permasalahan yang dihadapinya sekarang. Dengan mengetahui potensi yang dimilikinya, individu dapat diberikan treatment yang sesuai dengan potensinya. Misal, seorang anak yang berprestasi belajar buruk, dengan mengetahui bakat yang dimiliki anak tersebut dapat diberi latihan sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini disebut sebagai diagnosis. Diagnosis diperlukan ketika individu memiliki permasalahan, sehingga diperlukan pengetahuan tentang potensi yang dimilikinya agar dapat diberikan treatment yang sesuai.

Kontak Kami :
Jl. Tenggiilis Mejoyo Utara III Blok B-6,Surabaya

Telp: 031-8418210 / 777 050 95

Email: laschacitta_pratama@yahoo.co.id,

Facebook ( Lascha Citta Pratama )

No comments:

Post a Comment