Tuesday, June 24, 2014

Psikotes Rekrutmen dan Seleksi Karyawan

Psychological Assessment atau sering disebut juga sebagai Psikotes adalah salah satu metode yang sudah banyak digunakan untuk mengetahui lebih jauh tentang potensi kecerdasan, gaya kerja, minat serta corak kepribadian individu secara menyeluruh khususnya aspek "Depth Personality"

Psikotes sering dimanfaatkan organisasi atau perusahaan dalam penyeleksian karyawan baru, penyeleksian "Management Trainer", program pengembangan pribadi, penempatan jabatan, konseling atau sebagai metode pelengkap dari Assesment Centre.

Sebagai sebuah lembaga yang berorientasi pada pengembangan kualitas sumber daya manusia, kami Lascha Citta Pratama memiliki perhatian yang tinggi pada upaya pengembangan kualitas sumber daya manusia. Seperti yang diketahui, bagian Pengembangan Pegawai di suatu organisasi perusahaan memiliki fungsi pelaksanaan, identifikasi, evaluasi, pengembangan dan pendayagunaan kompetensi pegawai dengan salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah dengan melakukan Placement sesuai dengan bakat-minat pegawai.

Dengan melakukan mapping / pemetaan dengan teknik Psikotes melalui motel Potential Review Assesment Psikologis, kita dapat melihat jelas kemampuan kognisi, emosi dan psikomotori (perilaku) para karyawan secara obyektif dan akurat.

Program kami rancang khusus dengan menitikberatkan padda Psychological Assesment yang bertujuan untuk mencapai "The Right Man in The Right Place".


Penetapan aspek psikologis yang akan digunakan, yakni:
a)  Aspek Kecerdasan / Konatif
1.   Kapasitas Kecerdasan
2.   Kemampuan Berpikir Analitis
3.   Pemikiran Komprehensif Konseptual

b)  Aspek Kepribadian / Afktif
1.   Rasa percaya diri
2.   Stabilitas Emosi
3.   Penyesuaian Sosial
4.   Kemandirian
5.   Kemampuan Kerjasama

c)  Aspek SIkap Kerja / Konatif
1.   Kapasitas Kerja
2.   Hasrat Berprestasi/Motivasi
3.   Kualitas Kerja/Ketelitian
4.   Daya juang
6.   Komitemen Organisasi
7.   Time management 

Output yang didapatkan
Individual Report - Competency Profile
Competency Matrix
Competency Mapping
Competency Dictionary

INFO & KONTAK KAMI 
Jl. Tenggiilis Mejoyo Utara III Blok B-6,Surabaya 
Telp: 031-8418210 
Email: laschacitta_pratama@yahoo.co.id, 
Blog : http//www.laschacittapratama.blogspot.com

No comments:

Post a Comment