Monday, May 23, 2016

Pengenalan Diri dan Potensi Melalui Bakat Minat

Pendidikan merupakan salah satu bagian penting dari kehidupan. Memberikan pendidikan yang berkualitas sama halnya dengan mempersiapkan anak menjadi menjadi sumber daya manusia yang mampu menjawab tantangan dunia. Penting untuk mengetahui bakat minat anak agar anak lebih termotivasi dan nyaman belajar jika sejalan antara apa yang ia pelajari dengan bakat minat yang dimiliki.

Kesesuaian antara bakat dan minat akan bepengaruh pada hasil yang akan didapatkan. jika seorang anak memiliki bakat pada suatu hal, namun tidak memiliki minat pada hal tersebut, maka hasil yang akan didapatkan tidak akan maksimal. Jika seorang anak memiliki minat pada suatu hal namun tidak didukung dengan bakat yang ia miliki, dia bisa saja berhasil mencapai tujuannya, tetapi perlu usaha yang lebih dan awaktu yang lebih lama dibandingkan dengan orang yang memiliki bakat alami. Berbeda halnya jika seorang anak memiliki minat pada suatu hal dan didukung dengan bakat yang ia miliki, maka hasil yang ia dapatkan akan lebih maksimal.

Untuk mengetahui bakat minat seseorang bisa dilakukan dengan cara konseling maupun psikotes bakat minat. Namun pada artikel kali ini yang akan dibahas lebih lanjut adalah psikotes bakat minat.

TUJUAN TES BAKAT MINAT
1. Agar tahu kondisi psikologis seseorang meliputi taraf kecerdasan dan kemampuan umum, bakat minat dan kepribadian
2. Mendapatkan pemetaan potensi yang akurat sehingga dapat dikembangkan ke arah pencapaian prestasi
3. Mempermudah dalam pemilihan jurusan pendidikan


ASPEK YANG DIUNGKAP
1. Aspek Kecerdasan
2. Bakat & Sifat yang Menonjol
3. Kecerdasan Emosional
4. Minat
5. Tipe Adversity Quotient (Tipe AQ)
6. Gaya Belajar
7. Kepribadian


MANFAAT
- Bagi anak : dapat mengetahui seberapa jauh tingkat kemampuan, kecerdasan, bakat minat serta hal-hal yang ada kaitannya dengan potensi dirinya, sehingga akan membantu dalam menentukan berbagai keputusan kelanjutan studi
- Bagi Orang Tua : mengetahui bakat minat anak dan membantu mengarahkan anaknya terutama untuk perkembangan prestasi belajar dan mengembangkan bakat anak

Setelah mengetahui tujuan dan manfaat dari psikotes bakat minat yang telah kami jabarkan, mari kenali diri kalian dengan mengikuti tes bakat minat di lembaga kami. Semakin kalian mengenali diri kalian sendiri, maka akan semakin mudah untuk mecapai kesuksesan yanag kalian inginkan.



Head Office :
Jl. Tenggilis Mejoyo Utara III Blok B-6 Surabaya
Telp.                : (031) 841 8210
Email               : laschacitta_pratama@yahoo.com
Blog                : www.laschacittapratama.blogspot.com
Facebook       : Lascha Citta Pratama
Instagram        : laschacitta_pratama

No comments:

Post a Comment